Cara Membuat Blog Gratis Dengan Fitur Super Lengkap di Blogger/Blogspot

Baca Juga

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Fitur Super Lengkap di Blogger/Blogspot - Oke, kali ini saya akan share mengenai caranya membuat blog di blogger atau disebut juga blogspot secara gratis. Buat kalian yang belum membuat blog atau bingung memilih platform blog maka mungkin bisa memilih blogger.

Yap, mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya blogger/blogspot. Dikarenakan blogspot sendiri adalah salah satu platform blog yang paling banyak digunakan bahkan saya pun menggunakannya.

Jadi buat kalian yang ingin memiliki sebuah blog maka kalian dapat memanfaatkan layanan blogger atau blogspot ini. Tenang saja meski gratis fiturnya super lengkap dan kalian dapat memonetasinya sehingga dapat menghasilkan uang lho!

Tutorial Membuat Blog Gratis di Blogger atau Blogspot Hanya Dalam Beberapa Menit

Cover Thumbnail Laptop Macbook Office Cara Membuat Blog Gratis Dengan Fitur Super Lengkap di BloggerBlogspot

Nah, bagi kalian yang ingin menjadi seorang blogger dan menulis mengenai hal yang kamu sukai maka kalian bisa menggunakan blogspot.com sebagai layanan buat kamu ngeblog.

Karena di blogspot ini sudah tersedia berbagai fitur untuk menunjang kalian sebagai blogger dan disediakan secara gratis oleh pihak Google tanpa perlu membayar sepeserpun alisa gratis (kebanyakan orang tentunya suka gratisan).

Selain itu blogspot ini memang dirancang untuk para pemula, hal ini karena dari tampilan saja kalian sudah dapat melihat berbagai macam fitur sehingga kalian tidak kerepotan untuk mencari-cari fitur yang kalian butuhkan.

Coba saja bandingkan jika kalian menggunakan wordpress self hosted pasti akan lebih kebingungan dalam mencari fitur-fiturnya dibandingkan dengan menggunakan blogspot yang memang di tampilan awalnya sudah memperlihatkan semua fiturnya.

Namun, meskipun begitu saya lebih menyarankan kalian menggunakan wordpress self hosted karena berbagai kelebihannya dibandingkan menggunakan blogger (ini akan saya bahas lebih lanjut di postingan lainnya).

Hal ini juga disarankan oleh mas Darmawan yang merupakan admin dalam dari panduanim.com pada postingannya tentang cara membuat blog yang sukses.


Akan tetapi bagi kalian yang modalnya benar-benar 0 alias nggak punya uang buat beli hosting dan domain maka tidak ada salahnya menggunakan blogspot.

Tenang saja, karena blogspot juga bisa dimonetasi alias bisa juga menghasilkan uang layaknya wordpress self hosted.

Sukses Menghasilkan Uang di Internet Dengan Blog

Yap, kamu bisa menghasilkan banyak uang dengan hanya ngeblog bahkan meskipun kamu ngeblog gratisan di blogspot dengan berbagai cara monetasi yang terbukti ampuh.

Jadi kamu nggak perlu khawatir jika memang niat awal ngeblogmu untuk menghasilkan uang karena hanya blogspot pun juga dapat menjadi sumber penghasilan kamu. Asalkan kamu membangun blog sesuai dengan saran dari Panduanim.com dalam aturan dalam membangun blog.


Terlebih lagi kamu nggak usah khawatir jika menemukan masalah ketika ngeblog di blogger, hal ini karena sudah banyak blog yang membahas tutorial seputar blogger (salah satunya adalah bloggerpositif).

Daftar Blog Dengan Topik Tutorial Blogger :

Selain menyediakan tutorial ngeblog, blog-blog di atas juga menyediakan template blogger yang seo friendly sehingga buat kalian yang ingin mengubah template blog bisa melakukannya dengan mudah karena sudah banyak perancang template blogger.

Dan jika kalian nggak rela blognya menggunakan sub domain .blogspot.com maka kalian dapat melakukan custom domain menggunakan domain TLD (Top Level Domain).

Hal ini tentunya akan membuat blog kalian terlihat lebih professional karena tidak menggunakan sub domain. Selain itu dengan menggunakan custom domain maka kalian dapat migrasi dari blogspot ke wordpress self hosted agar terlihat lebih professional lagi.

Jadi buat kalian yang ragu buat ngeblog di blogger nggak usah khawatir dan segeralah buat akun bloggermu. Sebenarnya mudah tapi bagi yang kurang paham bisa lihat langkah-langkahnya di bawah ini lengkap dengan gambarnya:

  • Pertama-tama silakan kamu buka terlebih dahulu blogger.com
  • Selanjutnya maka kamu akan disuruh untuk login ke akun google plus kamu (jika belum login). Nah, silakan login menggunakan akun google plus milikmu.
    Login Ke Blogger Menggunakan Akun Gmail atau Google Plus


Jika kamu memang belum memiliki akun gmail ataupun Google plus maka kamu wajib untuk membuatnya terlabih dahulu. Silakan kamu simak langkah-langkah membuat akun gmail dan google plus pada artikel di bawah ini.


  • Setelah kamu memasukkan username dari akun google plus, maka kemudian masukanlah password dari akun google plus tersebut
    Masukkan Password Gmail atau Google Plus Kamu ke Blogger
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke dashboard blogger, nah kamu hanya perlu menekan tombol bertuliskan New Blog atau dalam bahasa Indonesianya blog baru untuk membuat blog yang kamu inginkan
    Tekan New Blog Atau Blog Baru di Blogger
  • Nantinya akan muncul berupa formulir yang perlu di isi dengan data-data blog yang ingin kamu buat, Silakan isi sesuai dengan blog yang kamu inginkan
    Masukkan data blog mulai dari nama dan alamat url blog
  • Isilah formulir di atas sesuai dengan format di bawah ini

Title / Judul : Isi dengan judul blog kamu alias nama blog, usahakan beri nama singkat dan mudah diingat contoh seperti saya menggunakan nama Blogger Positif.
    Address / Alamat : Isi dengan url yang kamu inginkan untuk blogmu, saran saya samakan url dengan judul blog. Seperti saya menamai blog ini Blogger Positif maka url blog saya adalah bloggerpositif.blogspot.com. Jika memang nama blog kamu sudah ada yang ambil maka bisa coba alternatif dengan memakai - (strip) ataupun angka contoh blogger-positif.blogspot.com atau bloggerpositif15.blogspot.com.
      Template : Pilihlah tampilan blog yang kamu sukai dari berbagai template default blogger, jika tidak ada yang sesuai selera kamu maka kamu dapat menggunakan custom template yang merupakan rancangan dari pihak ketiga

      • Jika sudah diisi formulirnya, selanjutnya klik tombol bertuliskan Create Blog untuk segera membuat blog tersebut
      • Setelah itu maka kamu akan di alihkan ke dahsboard dari blog yang sudah kamu buat tersebut. Nah, sekarangablog kamu pun sudah selesai dibuat dan isilah blog tersebut dengan tulisan-tulisan kamu.
        Dashboard Blog di Blogger

      Penutup

      Dengan begini kamu sudah bisa ngeblog menggunakan layanan blogger atau blogspot. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengisi blog tersebut dengan berbagai artikel dengan topik yang kamu minati.

      Silakan kamu ngeblog dengan tujuan hobby ataupun untuk menghasilkan uang. Apapun tujuan kamu ngeblog, Happy blogging :) ya. (https://bloggerpositif.blogspot.com)

      Author Profile

      Share this

      Share this with short URL: Get Short URLloading short url

      Subscribe To Get Article

      Related Posts

      Previous
      Next Post »
      Penulisan markup di komentar
      • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
      • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
      • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
      • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
      • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

      Blogger
      Disqus
      Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

      0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis Dengan Fitur Super Lengkap di Blogger/Blogspot"