2 Cara Mudah Mengganti Theme Blogger Dengan Custom Template Untuk Mengubah Tampilan Blog

Baca Juga

2 Cara Mudah Mengganti Theme Blogger Dengan Custom Template Untuk Mengubah Tampilan Blog - Sebagai seorang blogger maka sangat wajar jika ingin membuat blog milik kita menjadi lebih baik dan semakin baik. Salah satunya adalah mengubah tampilan blog agar enak dipandang.

Nah, mungkin kamu disini merupakan salah satu blogger yang kepikiran buat mengganti tampilan blog kamu dan salah satu caranya adalah dengan cara mengganti template pada blogger.

Meskipun mengubah tampilan blog bisa dengan mengedit template yang kamu gunakan, namun mungkin ada diantara kamu yang ingin merombaknya secara penuh. Oleh karena itulah bagi kamu yang tidak tahu cara mengganti template blogger, disini saya akan membagikan caranya.

2 Tutorial Mengganti Theme Blogger Dengan Custom Template Untuk Mengubah Tampilan blog

Cover Thumbnail Cara Mudah Mengganti Theme Blogger Dengan Custom Template Untuk Mengubah Tampilan Blog

Ketika pertama kali kita selesai dalam membuat sebuah blog di blogger, maka pada awalnya kita akan menggunakan sebuah template default yang disediakan oleh blogger sendiri.


Nah, biasanya ketika awal memilih template maka kita akan pilih secara asal saja tanpa melihat-lihat dulu karena yang terpenting saat itu adalah blognya harus jadi dulu untuk urusan lainnya belakangan.

Oleh karena itulah makanya banyak orang setelah membuat blog biasanya akan mengganti template dari blog tersebut karena kurang sreg dengan tampilannya atau menginginkan yang lebih baik lagi.

Sebenarnya mengganti template adalah perihal yang sangat mudah jika kamu menggantinya dengan template yang disediakan oleh blogger itu sendiri.

Karena kamu hanya klik saja gambar template yang telah dijejerkan oleh blogger. Sangat mudah bukan?

Tapi, seperti yang kamu tahu kalau kebanyakan template default blogger itu kurang sreg tampilannya menurut sebagian orang.

Selain itu template default dari blogger tidak memenuhi kriteria template yang baik menurut standar SEO. Karena seperti yang kamu tahu bahwa template default blogger itu tidak responsif serta memiliki loading yang relatif lama.

Nah, oleh sebab itulah banyak sekali para pengguna blogger yang lebih memilih menggunakan custom template (template yang didesain untuk blogger oleh para desainer template baik dari Indonesia maupun luar negeri).

Karena pada dasarnya rata-rata custom template blogger sudah memenuhi standar SEO seperti sudah responsif, mobile friendly dan memiliki loading yang relatif cepat.

Oh ya lalu custom template dari desainer template mana yang sudah memenuhi standar SEO. Oke, disini saya akan merekomendasikan menggunakan custom template dari 4 desainer ini.

4 Desainer Template Indonesia:

Itulah 4 desainer template asal Indonesia yang menurut saya sudah mendesain template yang memenuhi standar SEO yang ada.

Nah, silakan kamu buka saja link-link di atas jika misalkan kamu belum menemukan template yang akan kamu pakai untuk blog mu itu.

Oh ya berusahalah untuk memilih template yang sesuai dengan seleramu dan usahakan juga pilih template yang sekiranya tidak akan kamu ganti-ganti lagi nantinya.

Karena banyak juga lho blogger yang suka mengganti-ganti template blognya karena menemukan template dengan tampilan yang lebih bagus. Tentunya ini kurang baik untuk blogmu dan juga kurang baik dengan produktivitas dalam kegiatan ngeblogmu.

Jadi, setelah kamu sudah menemukan dan memilih template yang akan kamu gunakan (bisa kamu download dari 4 link di atas, namun untuk yang premium tentunya harus kamu beli terlebih dahulu baru dapat templatenya).

Maka selanjutnya kamu hanya perlu memasang custom template tersebut. Nah, disini saya punya 2 cara yang terbilang sangat mudah, silakan saja kamu simak cara-caranya.

1. Langkah-Langkah Mengganti Template Blogger Dengan Upload File XML Template

Untuk cara pertama yaitu kita akan menggunakan metode mengunggah file XML template blogger.

Ketika kita mengunduh template dari berbagai desainer template maka kita tentunya akan dihadirkan dengan file "namatemplate.xml".

Nah, karena blogger sendiri mendukung untuk penggunaan custom template maka kita dapat mengupload file xml tersebut ke editor template dan tentunya membuat template blog kita di blogger berganti pula.

Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Silakan kamu buka terlebih dahulu Setting Template di Blogger kemudian Klik Tombol Backup / Restore lalu berikutnya backuplah template dengan klik tombol Download Full Template jika diperlukan selanjutnya kamu bisa pilih Choose File
    Buka Setting Template di Blogger lalu Klik Backup Restore berikutnya Backup dan lalu Klik Choose File
  • Berikutnya akan terbuka windows explorer. Nah, silakan cari file xml dari template yang sudah kamu download dan kemudian select file xml tersebut lalu klik open terakhir kamu hanya perlu klik tombol upload
    Select File XML Template Lalu Klik Open Berikutnya Klik Tombol Upload

Setelah menunggu proses upload (untuk lama dari proses upload sendiri tergantung dari koneksi internet kamu) maka nantinya template lama kamu akan terganti dengan custom template yang baru.

Oh ya kadang ada beberapa pengguna blogger yang proses uploadnya lama atau ketika melakukan unggah file XML template terjadi error. Jika hal tersebut terjadi padamu maka kamu bisa melakukan upload ulang untuk mengatasinya.

2. Trik Mengganti Template Blogger Dengan Mengganti Kode Template Lama Dengan Yang Baru

Dengan cara di atas sebenarnya sudah lebih dari cukup karena tujuan utama kita adalah mengganti template dengan yang baru.

Namun, barangkali kamu ingin info yang lebih maka disini saya akan share trik lainnya yaitu dengan mengcopy seluruh kode template baru lalu mengpastenya ke editor template blogger dengan begitu maka kode template lama akan terganti dengan yang baru.

Nah, cara ini sangat cocok buat kamu yang sudah melakukan cara di atas namun tetap saja error tidak bisa terganti templatenya dengan yang baru.

Dengan menggunakan cara ini hasilnya pun akan sedikit berbeda dengan hasil yang di atas.

Lho berbeda bagaimana?

Jika menggunakan cara pertama maka widget yang ada di template sebelumnya tidak akan terhapus dan masih tersimpan di template yang baru kamu pasang.

Sedangkan jika kamu menggunakan cara di atas maka widget dari template yang lama tidak akan tersimpan alias terhapus dan tergantikan dengan widget dari template yang baru.

Sebenarnya ini bagus, karena bila widget dari template lama terbawa ke template baru biasanya akan berantakan tampilannya. Otomatis kita hapus deh widget-widget tersebut dan akhirnya cara ini malah membantu kamu agar tidak perlu melakukan penghapusan widget.

Nah, jika kamu sudah siap. Silakan disimak terlebih dahulu langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka terlebih dahulu file XML template yang sudah kamu download. Bisa menggunakan Notepad dan Notepad ++
    Buka File XML Template
  • Berikutnya Select All atau Blok seluruh kode template bisa menggunakan CTRL + A atau klik kanan kemudian klik Select All
    Select All Seluruh Kode Template
  • Lalu kita copy seluruh kode template yang sudah kita select dan blok tersebut. Bisa dengan tekan kombinasi CTRL + C di keyboard atau bisa dengan klik kanan lalu klik copy.
    Copy Seluruh Kode Template
  • Selanjutnya bukalah menu setting template pada blogger lalu kamu klik edit HTML
    Buka Setting Template di Blogger lalu Klik Edit HTML
  • Kemudian Select All atau Blok semua kode di Editor Template. Bisa dengan menekan kombinasi tombol CTRL + A ada keyboard atau Klik kanan lalu pilih klik Select All
    Select All Seluruh Kode Pada Editor Template
  • Berikutnya kita hanya perlu memPastekan seluruh kode template yang sudah kita copy tadi untuk menggantikan kode template yang ada di editor template. Kita bisa melakukanya dengan menekan kombinasi tombol CTRL + V atau bisa dengan klik kanan lalu klik Paste. Terakhir kita hanya perlu klik SAVE TEMPLATE, maka template blog mu pun sudah terganti dengan yang baru.
    Select All Seluruh Kode Pada Editor Template

Beres deh, denga begini maka kita sudah berhasil mengganti kode template yang lama dengan template yang baru.

Bagaimana bila terjadi error ketika menSAVE template?

Oke, saya tidak bisa menjawab jawaban pastinya. Hal ini karena pastinya penyebabnya berbeda-beda!

Namun, jika terjadi error ketika save template maka akan ada pemberitahuan apa kesalahannya yang letaknya di atas editor template dan di bawah tombol-tombol.

Nah, disana akan diberitahukan ada masalah apa. Bisa dengan ada kode yang belum punya tag penutup atau penulisan kode yang salah.

Lalu bagaimana bila tidak tahu solusinya?

Bisa kamu cari tutornya di google atau bisa kamu tanyakan di kolom komentar beserta screenshot pemberitahuan kesalahannya. Insya Allah kalau saya tahu solusinya akan saya bantu.

Video 2 Cara Mudah Mengganti Theme Blogger Dengan Custom Template Untuk Mengubah Tampilan Blog

Sebenarnya penjelasan di atas sudah lebih dari cukup, apalagi sudah disediakan gambar yang benar-benar sangat jelas dalam menjelaskan tutorial yang disajikan.

Namun, barangkali kamu ingin yang lebih jelas dan lengkapnya lagi. Maka kamu dapat menonton video "2 Cara Mudah Mengganti Theme Blogger DenganCustom Template Untuk Mengubah Tampilan Blog" dibawah ini.



Penutup

Selesai sudah, dengan begini maka blog milikmu di blogger telah menggunakan template dengan nuansa yang kamu inginkan dan sreg dengan seleramu itu.

Saran saya sebaiknya pastikan template yang kamu pilih tersebut sudah benar-benar SEO, Responsif, Mobile Friendly dan sesuai dengan seleramu. Supaya nantinya kamu tidak akan menganti-gantinya dengan yang baru yang membuatmu membuang-buang waktumu. (https://bloggerpositif.blogspot.com)

Author Profile

Share this

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Response to "2 Cara Mudah Mengganti Theme Blogger Dengan Custom Template Untuk Mengubah Tampilan Blog"